Mitra Nagari Menjaring Kemitraan dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja
Kata team atau tim yang seharusnya berarti together we achieve more, tetapi pada kenyataannya yang sering terjadi justru sebaliknya. Seperti misalnya dalam dunia bisnis, kita mungkin sudah banyak mengetahui kerjasama antara teman-teman akrab atau bahkan kerabat untuk merintis bisnis tetapi tak berjalan lancar bahkan pada kemungkinan yang paling buruk bisa memicu kandasnya persahabatan. Lalu apa sesungguhnya yang salah, seakan-akan mereka melupakan masa-masa sulit dalam merintis usaha tersebut
Kerjasama yang
pada awalnya diharapkan bisa menghasilkan sesuatu yang jauh lebih besar karena
dipikirkan oleh banyak kepala dan dikerjakan oleh lebih banyak tangan justru
menimbulkan masalah yang dapat mengancam kekompakan dalam persahabatan. Sebagai
langkah antisipasi agar bisnis yang tengah Anda rintis bersama rekan-rekan Anda
tak mengalami masalah yang sama inilah 3 faktor penyebab gagalnya kerjasama
bisnis
MASALAH
1.
Ketidakadilan
2.
Reward dibagi rata
3.
Kehilangan koordinasi
RINCI MASALAH
Timbulnya perasaan dari salah satu pihak bahwa porsi kerjanya
lebih banyak dan lebih sulit bila dibandingkan dengan pihak lain berpotensi
menjadi pemicu rusaknya kekompakan tim. Pada kenyataannya, idealnya dalam
bisnis setiap orang memang berkontribusi sesuai dengan kapasitas dan potensinya
masing-masing demi meraih tujuan serta demi kesuksesan usaha yang tengah
dirintis. Bila salah satu pihak merasa bahwa bebanya memang lebih berat bila
dibandingkan dengan anggota yang lainnya lambat laun hal ini bisa memicu
terjadinya permasalahan.
Pada awalnya seluruh anggota tim umumnya bersemangat untuk
membangun bisnis bersama, tetapi lama-kelamaan motivasi mereka bisa hilang bila
yang bersangkutan terutama yang merasa telah bekerja keras merasa reward yang
diperolehnya tetap sama dengan rekannya yang lain yang bermalas-malasan. Inilah
yang kemudian menjadi penyebab mundurnya seseorang dari kerjasama bisnis dan
merintis usaha secara pribadi sehingga tak perlu membaginya dengan orang lain.
Semakin banyak tangan yang bekerja seharusnya membuat suatu
pekerjaan terselesaikan dalam waktu yang lebih cepat serta dengan hasil yang
maksimal. Tetapi hal ini juga bisa menjadi boomerang bila terlalu banyak tangan
yang bekerja justru menyebabkan hilangnya koordinasi dan menghilangkan fokus
atas apa yang dilakukan. Hal ini bisa terjadi karena seluruh anggota tim merasa
mempunyai posisi yang setara dan setiap orang pasti merasa idenya yang paling
baik dan harus diterapkan untuk menyelesaikan proyek tersebut atau dalam
menemukan pemecahan bila terjadi masalah.
TIPS untuk menghindari konflik tersebut diatas dapat
dibaca pada artikel selanjutnya..
MANFAAT MITRANAGARI
1. Bisa Terhubung dengan Konsumen
Mayoritas orang zaman sekarang mengandalkan internet untuk berbagai
keperluan, praktis nyaris seharian berada di dunia maya. Pebisnis yang
melakukan promosi online akan lebih mudah terhubung ke konsumen. Sebab
pemasaran dilakukan lewat internet, entah itu dengan sosial media maupun dengan
website.
2. Membantu Melacak Perilaku Konsumen
Memutuskan memakai teknik pemasaran digital membuat Anda melacak semua
tindakan sampai keputusan dan preferensi dari konsumen. Sehingga pemasaran ini
sangat membantu mengenal konsumen lebih dalam, supaya pemasaran yang dilakukan
bisa tepat.
3. Meningkatkan Pendapatan Bisnis
Jika ingin pendapatan bisnis meningkat dengan cepat maka ada baiknya
melakukan pemasaran digital. Sebab promosi lebih efektif dan mudah menjangkau
konsumen, sehingga potensi omset naik cukup tinggi.
4. Bisnis Lebih Kompetitif
Memasarkan produk dan jasa secara digital akan membantu menjadikan bisnis
lebih kompetitif. Sebab fleksibel dan selalu mengikuti perkembangan zaman,
sehingga eksistensinya lebih terjamin.
5. Teknik Marketing Lebih Mudah
Dengan mengandalkan pemasaran digital maka proses promosi atau pemasaran
lebih mudah, yakni bermain dengan kursor di layar komputer. Sehingga sangat
mungkin untuk dilakukan sendiri. Namun bisa pula menggunakan jasa digital marketing agency terpercaya agar semakin praktis.
6. Solusi Menghemat Biaya Promosi
Pemasaran lewat internet juga menjadi solusi atas keterbatasan dana, sebab
anggaran bisa diatur. Misalnya saja beriklan dengan Google Ads, maka biaya per
klik bisa disesuaikan anggaran. Sehingga lebih terkontrol namun tetap bisa
melakukan branding dan menggaet konsumen untuk melakukan pembelian.
7. Teknik Pemasaran Variatif
Berbeda dengan pemasaran konvensional yang tekniknya monoton, seperti
memasang poster di jalan maupun membagikan brosur. Pemasaran online lebih
variatif karena pilihan media promosinya banyak. Bisa memakai gambar, video,
SEO, marketplace, dan lain sebagainya.
8. Hasil Promosi Bisa Dilacak
Lewat pemasaran online Anda dimungkinkan untuk melacak atau menelusuri
hasil iklan. Sehingga secepatnya bisa mengecek iklan seperti apa yang efektif
dan yang sukses menarik perhatian banyak konsumen.
9. Mempercepat Terjadinya Penjualan
Perlu diakui bahwa pemasaran online efektif untuk mempercepat terjadinya
penjualan. Mengapa? Sebab pemasaran ini sifatnya online sehingga ketika
konsumen melihat iklan dan tertarik. Maka akan langsung mengambil aksi, mulai
dari menghubungi kontak maupun langsung mengisi form pemesanan.
10. Membantu Pengelolaan Bisnis
Jika melakukan pemasaran secara online maka sama artinya dengan mendapat
kemudahan mengelola bisnis. Misalnya saja Anda berjualan lewat website, maka
bisa update stok sekaligus melayani konsumen dari website tersebut. Sehingga
sangat mungkin bisnis dikelola tanpa perlu merekrut banyak karyawan. Bahkan
tidak tertutup kemungkinan bisa dikelola sendiri, sehingga menjadi lebih mudah.
SEPERTI APA IDUKA ITU
Semua unit-unit kerja yang membutuhkan tenaga kerja yang
dapat dipenuhi oleh penyelenggara Mitra Nagari, diantaranya:
1. Industri
Pabrik-pabrik besar, menengah dan kecil
2. Dunia Usaha
Rumah makan/restoran, hotel, pengelola mall, bengkel, toko-toko,
perbankan, aplikasi digital dll
3. Dunia Kerja
Pemerintahan, BUMN, BUMD, BUMDES, yayasan lembaga swadaya
masyarakat yang membutuhkan tenaga kerja
BAGAIMANA MITRANAGARI MENJARING MITRA BISNIS
PERSIAPAN AWAL
a. Bahan paparan/brosur/modul/foto atau video tentang
profil Mitra
b. Menyiapkan produk barang atau jasa untuk dipamerkan
kepada IDUKA
c. Mencoba/latihan paparan secara internal dan meminta masukan
rekan/staf atau orang-orang sekitar
d. Mendata IDUKA target
keIDUKAan yang sesuai dengan jenis keterampilan pada Mitra
e. Melakukan komunikasi dengan IDUKA
f. Menyiapkan agenda program penjaringan IDUKA
g. Menyiapkan draft/rancangan MoU
BAGAIMANA MITRANAGARI MENJARING IDUKA
a. Melakukan
kunjungan sosialisasi ke IDUKA ,
bagaimana caranya ?
-
Komunikasi
dengan pengelola di salah satu IDUKA untuk
sosialisasi tentang kapan, dimana, siapa
yang hadir dan durasi pertemuan
-
Hadir
di IDUKA dengan kesiapan diri yang
meyakinkan, membawa tim, bahan paparan, brosur dan produk
-
Menyapa
dengan ramah dan memperkenalkan diri beserta tim kepada semua yang hadir sambil
membagikan brosur profil lembaga dan program PKK
-
Menjelaskan
maksud dan tujuan kunjungan
-
Memaparkan
profil lembaga dan program PKK serta produk-produknya
-
Meminta
masukan peserta dari IDUKA yang hadir
(tanya jawab)
-
Meminta
IDUKA sebagai IDUKA kerja (dilanjutkan dengan pembahasan MoU)
-
Meminta
pimpinan IDUKA untuk memberi kesan dan pesan
-
Acara
selesai diakhiri dengan meminta izin
foto bersama dan memberi kartu nama
b. Pameran
-
Susunan
Panitia
-
Persiapkan
Lokasi
-
Undang
IDUKA , Pejabat dan Masyarakat
-
Susunan
Acara sbb:
1) Pembukaan
2) Perkenalan hadirin yang penting
3) Demo Unjuk kerja peserta
4) Sambutan dan kesan dari IDUKA yang hadir (dapat
meminta kesan pesan melalui tulisan di kertas atau kanvas)
5) Testimoni lulusan yang sudah bekerja
6) Hiburan, ramah tamah dan foto bersama
7) Pemberian cindera mata bagi hadirin dan kartu nama
c. Mengikuti pameran atau job fair
-
sda
d. Menggunakan media sosial dan media massa
-
Membuat
media promosi sendiri; web, youtube, instagram, facebook, google business,
twitter, whatsapp group dan tiktok
-
Sering
posting kegiatan lembaga dan program PKK ke media sosial
-
Memasang
iklan dalam media elektronik (radio, televisi, iklan elektronik)
-
Memasang
spanduk tentang lembaga dan program PKK
-
Mempromosikan
lembaga dan program PKK di beberapa media cetak
e. Memanfaatkan pemimpin pemerintahan, pemuka masyarakat
dan masyarakat sebagai media Kemitraan dengan IDUKA
-
Mediator
-
Bantuan
f. Memanfaatkan lulusan sebagai media kemitraanan dengan IDUKA
-
Mediator
-
MEMELIHARA KEMITRAAN
-
Komunikasi,
update, produk, menghadiri undangan, promosi, pembelajaran
EVALUASI
Tips menghindari
konflik Mitra Bisnis.
1. Komunikasi
Menjalin komunikasi yang terbuka sangat penting untuk dilakukan baik antar
anggota tim atau antara anggota dan leader. Demi kesuksesan bisnis serta meraih
tujuan tak ada pihak yang paling penting atau kurang penting karena semua orang
adalah komponen dengan peran masing-masing.
2. Menjaga kekompakan
Sangat penting untuk menjaga energi dan pikiran positif tanpa saling
menyalahkan. Kritik bisa dilakukan dengan cara yang baik agar yang bersangkutan
tak merasa disudutkan. Untuk menghindarkan konflik jangan pernah meremehkan
kapasitas pihak lain. Sebaiknya antar anggota tim saling mendukung dan membantu
agar tercipta atmosfir yang baik dalam tim tersebut.
Membangun bisnis dengan kerjasama sesungguhnya bisa menjadi ide yang baik
untuk meraih kesuksesan bersama. Selain itu beban yang berat akan menjadi
ringan bila dipikul bersama seperti contohnya Mitra Nagari untuk pengembangan bisnis bersama tersebut. seandainya
bisnis yang dirintis mengalami kerugian, pihak yang membantu untuk mengatasi
hal tersebut juga akan lebih banyak daripada bila hanya ditanggung satu orang
saja.
Dalam tim mana saja akan selalu timbul konflik karena pemikiran yang
berbeda antara satu orang dan yang lainnya. Untuk menyelesaikan persoalan ini
tentu dibutuhkan kompromi dengan pikiran yang terbuka. Bila semua pihak bisa
menemukan win-win solution maka konflik akan dapat terselesaikan tanpa ada
anggota tim yang merasa dirugikan. Sikap mental yang harus terus dijaga adalah
pikiran positif, keikhlasan, serta kebesaran hati yang bisa menampung seluruh
kepentingan semua pihak. Nah, semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda yang
sedang atau berniat merintis bisnis bersama kawan-kawan karib atau kerabat.
Posting Komentar