SOAL danJAWABAN URAIAN PLPG
Petunjuk :
·
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini
dengan singkat dan jelas !
1.
Perencanaan
Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) dimulai dari penilaian kinerja
guru, melalui tes formatif awal tahun dan guru melakukan evaluasi diri, sebagai
dasar penyusunan program dan kegiatan pengembangan guru. Pertanyaan sudahkah
Saudara melakukan evaluasi diri ? Sebutkan kelebihan dan kekurangan Saudara
terkait dengan kompetensi guru. Bagaimana uasaha Saudara untuk memperbaiki
kekurangan Saudara dan mempertahankan kelebihan Saudara ?
2.
Penilaian
proses pembelajaran pada kurikulum 2013, menggunakan pendekatan penilaian
otentik (authentic assesment) yang menilai hasil belajar siswa pada dominan
sikap, pengetahuan dan keterampilan.
a. Bagaimanakah
gradasi proses pemerolehan hasil belajar pada dominan sikap ?
b. Sebutkanlah
hasil belajar yang berupa nilai-nilai karakter pada dominan sikap, sebagai
individu ?
3. Seorang
guru akan memberikan pelajaran dengan tema berbagai pekerjaan dan sub temanya
adalah jenis-jenis pekerjaan kepada siswa SD, dengan indikatornya sebagai
berikut ;
a. Menjelaskan
sumber daya alam disuatu daerah dan menghubungkannya dengan jenis pekerjaan
yang ada.
b.
Mengidentifikasi
keberadaan jenis-jenis pekerjaan serta hubungannya dengan kondisi geografis.
c. Mengolah
informasi tentang proses pembuatan garam.
Kembangkan pembelajaran yang sesuai
dengan indikator tersebut dengan pendekatan scientific.
4. Seorang
guru akan memberikan pelajaran dengan tema berbagai pekerjaan dan sub temanya
adalah jenis-jenis pekerjaan kepada siswa SD, dengan indikatornya sebagai
berikut :
a. Menjelaskan
sumber daya alam disuatu daerah dan menghubungkannya dengan jenis pekerjaan
yang ada.
b.
Mengidentifikasi
keberadaan jenis-jenis pekerjaan serta hubungannya dengan kondisi geografi.
c. Mengolah
informasi tentang proses pembuatan garam.
Kembangkan teknik penilaian (tes dan
non tes) yang sesuai dengan indikator tersebut.
5. Bacalah
dan amati kedua wacana berikut :
Kemudian mobil meluncur kembali, Nyonya Marta
tampak bersandar lesu. Tangannya dibalut dan terikat ke leher. Mobil berhenti
di depan rumah. Lalu bawahan suaminya beserta istri-istri mereka pada keluar
rumah menyongsong. Tuan Hasan memapah istrinya yang sakit. Sementara
bawahan Tuan Hasan saling berlomba menyambut kedatangan Nyonya Marta.
Siang itu, Sabtu pekan lalu, Ramin bermain bagus.
Mula-mula ia menyodorkan sebuah kontramelodi yang hebat, lalu bergantian dengan
klarinet, meniupkan garis melodi utamanya. Ramin dan tujuh kawannya berbaris
seperti serdadu masuk ke tangsi, mengiringi Ahmad, mempelai pria yang akan
menyunting Mulyati, gadis yang rumahnya di Perumahan Kampung Meruyung. Mereka
membawakan lagu “Mars Jalan” yang dirasa tepat untuk mengantar Ahmad, sang
pengantin …
Pertanyaan :
a. Adakah
perbedaan antara kedua wacana itu, jelaskan ! Termasuk jenis wacana apa kedua
bacaan tersebut !
b. Bagaimanakah
cara anada membelajarkannya pada siswa kelas IV SD !
6. Ilustrasi
berikut meneceritakan tentang dua orang yang sedang menanamkan konsep segitiga
pada peserta didiknya. Guru pertama memberikan bermacam-macam model segitiga
tersebut dari kertas kemudian siswa diminta mengamati bahwa bangun tersebut
berbentuk segitiga.
Guru kedua memberikan bermacam-macam
segitiga yang terbuat dari kawat kemudian siswa segitiga mac memberikan berbagi
dan diminta mengamati bahwa bangun tersebut berbentuk segitiga.
Menurut Anda manakah yang lebih tepat
peragaan yang dilakukan oleh dua guru tersebut. Berikan alasannya.
7.
Di negara Indonesia, sistem demokrasi yang
dikembangkan serta penerapannya selalu disesuaikan dengan nilai-nilai yang
terkandung dalam ke-5 sila dari Pancasila. Berikan contoh bentuk perilaku demokrasi yang bertentangan dengan sila-sila
Pancasila (Untuk setiap sila minimal 3 contoh)
Jawaban :
1. Sudahkah
melakukan evaluasi diri ? sudah
Kelebihan dan kekurangan ?
a. Kelebihan
-
Mampu menggunakan TIK
-
Mampu menggunakan model-model pembelajaran
-
Membuat alat peraga sesuai dengan RPP
b. Kekurangan
-
Belum mampu membuat bahan ajar sendiri masih menggunakan
rental.
Cara memperbaikinya :
-
Berusaha mencari bahan-bahan ajar dari
sumber-sumber yang memanfaatkan lingkungan sekitar.
-
Mempertahankan : membuat secara berkala dan
rutin.
2. Penilaian
Autentik
a. Penilaian
autentik harus mampu menggambarkannya sikap ketrampilan dan pengetahuan apa
yang sudah atau belum dimiliki oleh PS
3. Langkah
pembelajaran
a. Kegiatan
Awal
-
Siswa diminta menyanyi lagu nenek moyangku
-
Siswa diminta menjawab pertanyaan guru yang
berkaitan dengan syair lahu di atas
-
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan proses pembuatan garam.
b. Kegiatan
Inti
-
Siswa mengamati gambar laut
-
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan wilayah lingkungan laut
-
Siswa
diminta diskusi tentang jenis pekerjaan proses pembuatan garam
-
Siswa diminta melaporkan atau menyampaikan hasil
diskusi
-
Guru
dan siswa menyimpulkan hasil diskusi tentang pembuatan garam.
c. Kegiatan
Akhir
-
Siswa
mampu menyimpulkan hasil belajar tentang pembuatan garam.
-
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari untuk mengetahui hasil tercapainya materi
-
Melakukan penilaian hasil belajar
-
Guru memberikan tugas
-
Guru mengajak siswa berdo’a menurut agamanya
masing-masing.
4. Non
Tes
Proses
Produk : -
pengamatan
- portofolio
- menanya
- membentuk
- Mengamati
- Menanya
- Menalar
- Mencoba
- Membuat jaring.
5. Bacaan paragraf 1 : Narasi
Tidak ada
Jenis wacana Narasi
Cara mengajarkan dengan gambar seri.
a.
Adakah
perbedaan antara wacana paragraf dengan paragraf dua : tidak ada
Karena kedua berusaha menyampaikan menurut urutan terjadinya (kronologis)
dengan maksud memberi arti kepada sebuah kejadian atau serentetan kejadeian
sehingga pembaca dapat mengerti hikmah dari bacaan tersebut.
Wacana di atas termasuk jenis wacana
Narasi
b. Bagaimana
cara anda mebelajarkan pada siswa kelas IV SD ?
Cara saya mengajarkan wacana Narasi pada
siswa kelas IV SD dengan menggunakan 1. Gambar Seri
2. dengan pengalaman pribadi.
6. Menurut
saya yang lebih baik pakai kawat yaitu guru kedua karena segitiga adalah
gabungan dari ketiga ruas garis hubung, dua buah titik dari ketiga titik yang tidak
segaris. Berdasarkan konsep tersebut jelas bahwa segitiga hanya berupa gabungan
tiga ruas garis yang berarti hanya berupa titik-titik pada kawat atau keliling saja dan tidak termasuk
daerah dalamnya. Segitiga tidak mempunyai luar yang dia punyai hanyalah panjang
atau keliling saja. Sedang luas dimiliki oleh daerah segitiga oleh karena itu
menurut saya yang paling cocok adalah guru nomor dua.
7. Menurut
Sila ke 1 ; Ketuhanan yang Maha Esa
Penistaan Agama
Contohnya: pelarangan salah satu aliran di Indonesia
1. Ahmadiyah
dilarang berkembang di Indonesia oleh salah satu organisasi agama di Indonesia
2. Mencampur
adukan atau memeluk beberapa agama
Sila ke 2 : Kemanusiaan yang adil dan
beradab
Contohnya : 1. Kekerasan dalam rumah
tangga
2. Melakukan Aborsi
3. penggusuran pedagang kaki
lima / PKL
Sila ke 3 : Persatuan Indonesia
Contoh : Tawuran antar pelajar
Tawuran penduduk
GAM, POM, Pemekaran wilayah
Sila ke 4 : Kemanusiaan yang adil dan
beradab
Contohnya : Demonstrasi anarkhis
Kepemimpinan otoriter
Sidang paripurna memaksakan
kehendak
Sila ke 5 :
Contohnya : - Pemanfaatan sumber daya
alam yang tidak merata
- Pembangunan yang tidak
merata
- Mementingkan salah satu golongan.
Posting Komentar