DINAMIKA KELOMPOK
DINAMIKA KELOMPOK UNTUK MATERI MOS / MOPD BARU
a. BakiakPeralatan : Sendal dari kayu yang dihubungan satu dengan yang lainya menggunakan tali.Cara Bermain :Setiap individu dalam tim mengambil peran masing-masing dengan menempatkan dirinya pada sendal kayu yang tersedia secara berbaris. Dalam permainan ini, tim melakukan pergerakan maju dengan menggunakan kaki secara serenta dan seirama dipandu pemimpin barisan yang paling depan. Bila kelompok dapat melakukannya dengan baik dan cepat, maka merekalah pemenangnya.
b. Rolling CyclePeralatan : Karpet panjang ukuran 12m x 1/2m (ukuran disesuaikan), kedua ujung dilekatkan sehingga membentuk lingkaran.Cara Bermain :Setiap individu dalam tim mengambil tempatnya masing-masing dalam karpet dan menengadahkan tangannya keatas. Pemimpin tim yang terdepan memberi komando untuk melakukan pergerakan secara serentak dan seirama untuk maju. Apa pun caranya, kreativitas tim sangat diharapkan untuk melakukan pergerakan cepat tanpa melakukan kesalahan. Kaki pemain tetap diatas karpet, bila keluar maka pemain dianggap gagal.
c. Ember BambuPeralatan :a. Bambu besar 2 buah
Tancapkan kedua bambu besar dengan jarak 5-10m (bisa disesuaikan). Letakan ember berisi air diatas salah satu bambu besar. Setiap individu dalam tim memegang bambu kecil yang disediakan sebagai alat permainan. Pemimpin tim mengkomandokan kepada timnya untuk memindahkan ember yang berada pada salah satu bambu ke bambu besar lainnya dengan menggunakan bambu kecil yang telah dimiliki oleh setiap individu dalam kelompok. Ember tidak boleh jatuh dan hanya boleh memindahkan ember dengan menggunakan bambu kecil tersebut.
d. Catok Ular
Peralatan :
a. Bambu kecil 6 buah
Cara Bermain :
Ikat 2 bambu kecil dengan tali secara menyilang dan lakukan pada 2 bambu kecil lainnya. Tancapkan bambu tersebut pada tanah sebagai penyangga. Letakkan 1 buah bambu kecil diatas bambu penyangga dan 1 bambu lagi untuk penggantinya bila permainan usai. Taburkan sedotan dibawa bambu sebagai ularnya. Permainannya, setiap tim bekerja sama dalam waktu singkat harus mampu melingkarkan sedotan pada bambu diatasnya sebanyak mungkin. Cara melingkarkannya dengan menyatukan/menyambungkan kedua ujung sedotan.
e. Bola Gayung
Perlatan : Bola 2 buah dan gayung 2 buah
Cara Bermain :Jumlah individu dalam tim harus sama, misalnya : Tim I : 7 orang dan Tim II : 7 orang. Jarak individu dalam tim harus 1 rentangan tangan. Letakan bola dalam gayung di depan pemain paling depan.
Saat komando mulai, maka pemain di depan mengambil bola dan mengestafet gayung ke pemain dibelakangnya. Pemain di depan yang memegang bola mengoper bola ke pemain belakang dengan melempar dan pemain belakang menangkap bola dengan gayung (bola tidak boleh jatuh). Saat bola sudah di tangan, maka pemain yang sudah mendapat gayung harus melakukan hal yang sama dengan pemain di depan sebelumnya.
Aturannya, saat mengestafet gayung dan melempar bola, dilarang untuk melihat ke belakang dan pandangan harus kedepan. Setelah bola dan gayung berada pada pemain paling akhir, maka pemain paling akhir harus berlari dengan jigjag melewati seluruh pemain di depannya dengan cepat ke barisan paling depan.
f. Rantai Nama
Permainan ini dimaksudkan bagi kelompok yang belum saling kenal nama masing-masing, agar lebih akrab, serta memberi pengalaman tampil di depan forum.
Langkah-langkah :
1. Peserta besama pemandu berdiri di dalam lingkaran
Variasi :
Buat lingkaran, setiap peserta secara bergiliran menyebutkan nama panggilan, umur, tempat asal, pekerjaan, lalu peserta yang lain menirukan, begitu seterusnya sampai selesai satu putaran.
Putaran kedua, semua peserta mengulangi lagi secara bersama-sama data pribadi tersebut, dengan urutan seperti semula.
g. Pecah Balon
Bila peserta terlalu banyak menguras pikiran atau berdebat tanpa penyelesaian yang memuaskan pada kegiatan sebelumya, hal ini akan sangat mempengaruhi konsentrasi mereka untuk mengikuti kegiatan berikutnya. Tujuan : Memberikan kesegaran kepada peserta dengan melampiaskan emosinya.
Langkah-langkah :
1. Bagikan kepada setiap peserta sebuah balon dan seutas tali raffia (kira-kira sepanjang 2 jengkal).
Bahan-bahan :Balon dan tali raffia sebanyak jumlah peserta.
h. Menggambar Rumah
Latihan ini bisa digunakan untuk mendiskusikan kerjasama dan pengawasan di dalam kelompok. Kadang kita mengira bekerjasama dengan orang lain, padahal dalam kenyataan kita hanya mengawasi seluruh proses, tanpa kita sadari.
Langkah – langkah :
1. Mintalah peserta untuk berpasangan
Bahan diskusi
a. Bagaiman perasaan dan reaksi anda selama menggambar tadi ?
Kemudian, mintalah peserta membentuk kelompok 4 (dua pasangan bergabung) untuk mendiskusikan apakah ada hubungan antara pengalaman tadi dengan kenyataan sehari-hari dan masalah kerjasama. Waktunya cukup 15 menit saja, lalu setiap kelompok kecil mempresentasikannya di hadapan kelompok besar.
i. Bermain Tali
Dalam segala hal, selalu akan kita hadapi berbagai masalah, dan kita tidak akan dapat terhindar dari masalah itu. Melalui kegiatan ini kita akan dihadapkan dengan suatu masalah dan bagaimana kita dapat keluar dari masalah itu.
Bahan : Tali raffia
Langkah – langkah :
1. Potong tali raffia dengan ukuran 1,5 m dan bagikan kepada setiap peserta
Tanyakan kepada mereka apa hikmah dari permainan tersebut
j. Bercermin
Latihan yang menyenangkan ini digunakan untuk mendiskusikan perasaan dan sikap dalam menuntun dan mengikuti orang lain. Acara sore yang baik.
Langkah-langkah :
1. Setiap peserta memilih pasangannya dan berdiri berhadapan dengan tangan ke atas dalam jarak kira-kira sejengkal. Mereka menirukan gerak pasangannya, layaknya sebuah cermin, demikian bergantian sesuai dengan keinginan mereka.
Bahan diskusi :
1. Apa bedanya antara ketiga pengalaman tadi ?
k. Menggambar Wajah
Tujuan :
a. Membantu peserta untuk memandang langsung ke dalam mata pasangannya, saling mengenal cirri-ciri wajahnya, dengan harapan hal ini bisa membantu peserta untuk saling terbuka dan tidak lagi kikuk dengan yang lainnya.
Langkah-langkah :
a. Dengan sehelai kertas setiap pasangan saling berhadapan dan mulai menggambar wajah pasangannya. Bisa mulai dari mana saja tetapi tidak boleh melihat kertas sama sekali.
l. Baut Barisan
Tujuan : Agar seluruh peserta bisa berkenalan lebih jauh, fisik maupun sifat-sifat mereka, sekaligus melatih mereka bekerjasama dalam kelompok.
Langkah-langkah :
1. Peserta di bagi dalam 2 kelompok yang sama banyak (bila jumlah peserta ganjil, seorang pemandu bisa masuk ke dalam salah 1 kelompok).
3. Sebelum pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
m. Menggambar Bersama
Sebuah kelompok baru dapat berfungsi sebagaimana mestinya apabila terjadi komunikasi antar orang-orang yang terlibat di dalamnya.
Tujuan : Peserta menyadari arti pentingnya komunikasi dalam suatu kelompok.
Langkah-langkah :1. Peserta dibagi dalam kelompok kecil (5 orang) dan setiap anggota kelompok memiliki nomor urut sendiri-sendiri dari nomor 1 sampai 5.
Bahan Diskusi :
a. Berapa kelompok yang mampu menghasilkan gambar yang utuh dan jelas?
n. Mutiara Dalam Guci
Tujuan : Merangsang kreativitas dan keberanian peserta untuk berpendapat.
Langkah-langkah :
a. Gambarlah sebuah guci dengan berisi berbagai benda di dalamnya, di papan tulis (atau di tempat yang bisa dilihat oleh sluruh peserta).
o. Lingkaran Berbelit
Tujuan : Menyadarkan peserta tentang pentingnya rasa 1 tim untuk memudahkan proses belajar dan bekerja dalam kelompok.
Langkah-langkah :
1. Peserta berdiri dalam lingkaran, lalu menjulurkan kedua tangannya ke depan. Kemudian memegang tangan 2 peserta lainnya (missal : tangan kiri memegang tangan si A, tangan kanan memegang tangan si B) sampai membentuk suatu belitan besar.
p. Bowling Botol
Peralatan : botol bekas, bola tending
Cara permainan :
1. Bagi menjadi 2 team
Pemenang adalah pengumpul point terbanyak.
q. Lomba Balap Plastic
Peralatan : plastic trashbag
Cara permainan :
1. Bagi menjadi 2 team
r. Mencari Harta Karun
Peralatan : tali raffia, slayer penutup mata, lidi
Cara bermain :
1. Bagi team menjadi 2. Pilih 1 orang sebagai pencari harta. Sisanya sebagai pengarah.
Peserta yang menang adalah yang mampu menyelesaikan dan menemukan harta karun tersebut.
s. Variasi Komunikasi Kelompok
Peralatan : telinga dan mulut, bisa ditambahkan dengan variasi gambar.
Cara bermain :
1. bagi team menjadi 2 atau lebih
t. Build Up Your Own Product
Peralatan : telur, sedotan, semua hal bisa dimasukkan, tergantung mau bikin apa :)
Cara bermain :
1. bagi team menjadi beberapa bagian
Pemenang adalah yang mampu menyelesaikan misi dengan baik
u. Trading :D
Peralatan : kertas, penggaris, gunting, dan pensil
Cara bermain :
1. bagi peserta menjadi beberapa kelompok
Biarkan dinamika kelompok bermain. batasi waktu hingga 3 jam saja. banyak hal menarik akan terjadi. buat skenario misalnya harga suku bunga tinggi, jadi menyimpan uang di bank lebih tinggi hasilnya, atau misalnya buat hujan, dengan menyemprotkan air ke kertas peserta sehingga harga jatuh. dan skenario lainnya.
v. Variasi Memindahkan atau Menangkap Barang Bersama
Perlengkapan : bisa bola, karet gelang, sedotan, gambar, bendera, dll
Cara bermain :
1. bagi peserta menjadi beberapa kelompok
+
PLUS
1. Dengarkan Suara
Anak-anak dibagi dlm beberapa group. Sediakan secarik kertas sesuai dengan jumlah anak yang hadir, bagian secara acak. Isi kertas adalah nama binatang yang mengeluarkan bunyi sederhana (kambing, anjing, kucing, dll). Dari suara tersebut, anak diwajibkan mencari group "sejenisnya" tanpa berkata-kata, yang boleh hanya mengeluarkan suara yang dia dapat.
2. Angka Berubah
Dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota kira-kira 10-12 orang, membentuk lingkarang (gk usah gede-gede) lalu duduk. Berhitung secara gantian searah jarum jam, dan tentukan angka diganti dengan "HORE". Misal, angka 4 dan 8. 1, 2, 3, HORE, 5, 6, 7, HORE, 9, 10, 11, 12, 13, HORE, 15, 16, 17, HORE. (14 dan 18 diganti, karena mengandung kata-kata "empat" dan "delapan".) Begitu seterusnya sampai maksimal angka yang ditentukan, misal 40 ato 50.
3. Gelang Berpindah
Alat yang perlu disediakan:
· Sedotan (pilih yang agak kuat/keras)
· Gelang plastik / gelang karet
· Baskom/wadah
Cara bermain :
· Kelompokkan anak dengan anggota masing-masing kelompok 5 orang. Atau kelompokkan menjadi 3 – 5 kelompok sesuai dengan jumlam siswa di kelas Anda.
· Setiap anak harus berdiri sejajar dengan jarak masing-masing 1-2 meter.
· Beri setiap anak 1 buah sedotan dan minta mereka menempatkan sedotan di ujung mulut.
· Letakkan sebuah baskom 1 meter di samping anak paling ujung pada setiap kelompok.
· Berikan gelang plastik atau gelang karet pada anak yang berdiri paling awal, dan gantungkan pada ujung sedotannya. Ingatkan anak-anak untuk tidak menggunakan tangan untuk menahan gelang.
· Setiap anak harus membawa gelang kepada teman satu tim mereka secara estafet, yang kemudian anak paling ujung meletakkannya pada baskom.
· Masing-masing kelompok harus berhasil memasukkan 5 gelang secara estafet, dan kelompok yang lebih dulu memasukkan gelang paling banyak dalam waktu yang ditentukan, itulah yang keluar sebagai pemenangnya.
4. Mencari Dengan Diam
Peralatan : Perangko
Jumlah pemain : berapa saja
Waktu : bervariasi, tergantung jumlah pemain dan kemampu mengobservasi
Tujuan : Melatih kemampuan mengobservasi
Memupuk inisiatif
Sebuah perangko ditempel di suatu tempat dalam ruangan pertemuan sebelum para peserta datang/tiba. Instruksinya : Tiap peserta harus mencari perangko tersebut dan bila mereka telah melihatnya, mereka harus duduk diam dan tidak boleh berkata apa pun. Akan sangat lucu memperhatikan peserta-peserta terakhir. Dan tentu saja peserta yang paling akhir duduk adalah yang kalah. (permainan ini dapat juga dimainkan di luar ruangan).
5. Tahan Tawa
3 Junior melawak didepan junior lain ,jika ada penonton yg tertawa dia diberi hukuman.!(terserahlah), tetapi jika dalam 3 menit tidak ada penonton yg tertawa pelawaklah yg harus diberikan hukuman.! (osis akan menyediakan beberapa naskah pendek lucu)
6. Mengenali Teman
Peralatan : Kertas kosong
alat tulis untuk setiap peserta
Jml pmain : Bebas
Waktu : 10- 12 menit
Osis membagikan kertas kosong kepada semua peserta , seluruh peserta lalu menulis data pribadi mereka (NAMA LENGKAP, NAMA KK/ ADIK BOLEH SEPUPU/KEPONAKAN, SEKOLAH ASAL, HOBI, ALAMAT, IDOLA, & ALAMT EMAIL “BAGI YANG TIDAK PUNYA SILAKAN MENGARANG”. Setelah itu kertas dikembalikan kepada Osis , lalu Osis membagikan kertas tersebut secara acak( sebelum membagikan suruhlah peserta untuk meletangkan alat tulis mereka di atas meja). Osis akan memberikan waktu selama 2-3 menit kepada para peserta untuk menghapat data pribadi temannya, Kemudian Osis menunjuk seorang pesrta MOS dan bertanya data pribadinya yg tadi dia terima. Peserta harus mampu menjawab pertanyaan pemimpin . Sementara itu yang memiliki data pribadi harus memperharikan dengan benar/ tidaknya jawabannya
7. Sugesti
Osis bisa member sugesti semacam ini
"Lakukan apa yang saya katakan dan jangan lakukan apa yang saya lakukan.."
"Lakukan apa yang saya katakan dan jangan lakukan apa yang saya lakukan.."
"Lakukan apa yang saya katakan dan jangan lakukan apa yang saya lakukan.." ucapkan berulang kali sampai pikiran peserta bingung pada waktu yang tiba-tiba kalian bilang : PEGANG HIDUNG! sambil tangannya nyentuh jidat (suruhannya bebas) ini semacam darat udara laut tapi versi berbeda
HUKUMAN YG BISA DIBERIKAN :
1. Menyanyi
bisa dipariasikan , misalnya lagu dirubah menjadi berhurup A,U,E,O dsb. Menyanyikan sebuah lagu dengan nada seriosa. dan rap
2. Nari
suruh mereka menarikan tarian cirri khas dari suatu idola atau tarian , misalnya Tari Manuk Rawa ,SUJU, CHIBI , Tari Piring , Jaipong, MJ dll
3. Membuat sebuah Kata/ Kalimat yg hurup2 diperagakan dengan pantat
akan seru dilihat jika yg memperagakan 2 atau lebih ,tetapi suruhlah mereka mengulang sampai kompak
4. Meniru gaya tokoh/ iklan, atau kata-katanya yang khas
misalnya Barrack Obama “saya suka nasi goring ,sate” dan kata2 lain.! Anas Urbaningrum “kalo anas terlibat kasus Hambalang gantung anas di monas” (hehe walau agak sedikit berpolitik gapapa, yg penting happy) Syahrini “Alhamdulilah. ya sesuatu” dll
5. Berekting
_Menangis , tertawa atau Marah
osis akan menyiapkan sebuah percakapan tidak perduli dengan percakapan tersebut dia harus merespon dengan ektingnya
6. Meminta Tanda Tangan/ Data
Osis bisa menyuruh peserta MOS untuk meminta tanda tangan Seorang OSIS atau meminta info tentang sesuatu kepada warga sekolah. ( bagi osis jika dimintai info/tanda tangan kalian bisa menguji peserta tersebut)
Dari berbagai sumber
Posting Komentar